Visi UGM ialah "Menjadi universitas riset kelas dunia yang unggul, mandiri bermartabat, dan dijiwai Pancasila mengabdi kepada kepentingan dan kemakmuran bangsa". Salah satu perwujudan dari visi tersebut, khususnya dalam hal kontribusi UGM untuk turut menyiapkan tenaga terampil berbasis ilmu pengetahuan, ialah mengorganisasikan Program Diploma ke dalam manajemen Sekolah Vokasi.

Sekolah Vokasi adalah Lembaga Pendidikan Diploma sebagaimana dimaksud dalam Anggaran Rumah Tangga UGM yang merupakan pelaksana akademik sederajat dengan politeknik yang menyelenggarakan Program Pendidikan Vokasi dan/atau Pendidikan Profesi mencakup Program Diploma pada jenjang D1, D2, D3 dan D4 yang bersifat terminal.

Sekolah Vokasi hadir untuk lebih mendekatkan diri (link and match) antara penyediaan pendidikan keterampilan dengan masyarakat pengguna lulusan. Pembaharuan ini meliputi pengembangan proses dan fasilitas akademik, kegiatan kemahasiswaan maupun kerja sama dengan instansi terkait.

Karakteristik Sekolah Vokasi dicirikan dengan mayoritas kegiatan praktek sebagai penjabaran teori yang mendasarinya sehingga mahaiswa peserta didik menjadi terampil sebelum memasuki dunia kerja setelah lulus nantinya.

 

Fasilitas

  1. Gedung kuliah, laboratorium dan perpustakaan.
  2. Rumah Sakit Hewan
  3. Laboratorium Diagnostik
  4. Unit Pendidikan dan Pelatihan Kesehatan Hewan (UPPKH) beserta hewan ternaknya.
  5. Laboratorium komputer, internet, dan audio visual.
  6. Perpustakaan modern.

 

Prospek

Lapangan kerja lulusan Diploma III Kesehatan  Hewan sangat luas dan menjanjikan  di berbagai lembaga pemerintah, lembaga penelitian dan pengembangan, Rumah Sakit Hewan, Pos Kesehatan Hewan, Kebun Binatang, Unit Konservasi Satwa, Rumah Potong Hewan , dan lain-lain. Kebutuhan disektor swasta meliputi: Industri Farmasi, Pakan Ternak, Breeding Farm, Peternakan Sapi Perah dan Sapi Potong, Ternak Unggas, Hewan Kesayangan, Pengolahan Hasil Ternak,  dan sebagainya. Lulusan juga dibekali ketrampilan wirausaha secara mandiri.

 

Gelar

Lulusan Program Diploma III Kesehatan Hewan berhak menyandang gelar Ahli Madya (A. Md.)